Overblog
Edit post Follow this blog Administration + Create my blog

Perabotan kuno yang masih digunakan hingga saat ini

Perabotan kuno yang masih digunakan hingga saat ini

Perabotan kuno yang masih digunakan hingga saat ini

Beberapa orang mungkin senang menata rumah mereka dengan gaya modern. Sehingga perabotan yang ada dirumah mereka terkesan mengikuti perkembangan jaman. Mulai dari ruang tamu, hingga dapur mereka dibuat seolah- olah sangat modern. Namun ada beberapa orang yang lebih memilih untuk menata rumah mereka dengan gaya yang kontemporer.

Konsep kontemporer adalah konsep penataan sebuah rumah dengan menggunakan gaya klasik atau gaya jaman dahulu. Untuk menambah kesan kontemporer, maka perlu ditambah dengan beberapa perabotan rumah tangga yang memang terkesan kuno.

Berikut ini adalah beberapa peralatan dapur unik dan langka yang bisa anda gunakan

  • Tungku kayu

Bagi sebagian orang, memasak menggunakan kayu bisa menghasilkan rasa masakan yang khas. Beberapa orang meyakini bahwa memasak menggunakan kayu bisa membuat masakan lebih enak dibandingkan dengan memasak menggunakan kompor. Anda bisa mencoba memasak dengan menggunakan tungku kayu tersebut. Namun yang harus anda perhatikan adalah anda jangan lupa untuk membuat pembuangan asap. Karena asap yang dihasilkan dari tungku kayu ini cukup banyak. Jangan sampai rumah anda penuh dengan asap dari kayu tersebut.

  • Ketel (penanak nasi)

Ketel adalah penanak nasi khas dari jawa. Bentuknya hampir mirip dengan penanak nasi saat ini, namun yang membedakannya adalah bahan yang digunakan untuk membuatnya. Ketel terbuat dari besi atau timah yang lumayan tebal. Hal ini diyakini bisa membuat nasi menjadi lebih awet. Sehingga orang jaman dulu biasa memakan nasi yang sudah 2 hari. Karena nasi yang mereka masak menggunakan ketel tersebut tidak basi.

  • Ceting

Ceting adalah tempat meletakan nasi yang sudah dimasak. Ceting biasanya terbuat dari stainless steel. Namun ada juga yang terbuat dari anyaman bambu. Anyaman bambu dipercaya bisa membuat nasi menjadi lebih awet. Anda bisa mencoba untuk menggunakan ceting tersebut.

  • Entong

Entong adalah alat yang digunakan untuk mengambil nasi dari ceting. Entong tradisional biasanya terbuat dari kayu yang dibuat pipih sehingga memudahkan untuk mengambil nasi.

  • Soblok

Soblok adalah perabotan rumah tangga yang digunakan untuk mengukus sesuatu. Jaman dahulu orang lebih senang mengukus makanan mereka dari pada menggoengnya. Beberapa makanan khas yang direbus diantaranya adalah lemper, nogosari dan lain sebagainya.

Itu tadi beberapa perabotan rumah tangga yang mungkin sudah jarang ditemui saat ini.

To be informed of the latest articles, subscribe:
Top